Alat Input Komputer

     Alat input komputer digunakan untuk memasukkan data atau perintah ke dalam sistem komputer. Beberapa contohnya adalah keyboard, mouse, scanner, webcam, mikrofon, dan sensor gerakan. Alat input ini sangat penting untuk menunjang produktivitas pengguna dan kemampuan berinteraksi dengan komputer. Dengan menggunakan alat input yang tepat, pengguna dapat memasukkan data dengan lebih cepat, mudah, akurat, dan berkualitas

Berikut adalah beberapa contoh alat input komputer: 

1. Keyboard 

gambar keyboard

Keyboard adalah sebuah perangkat input atau alat masukan yang digunakan untuk memasukkan data atau perintah ke dalam komputer. Keyboard terdiri dari tombol-tombol yang diatur sesuai dengan susunan huruf, angka, tanda baca, dan fungsi khusus.

2. Touchpad


gambar touchpad

Touchpad atau touchpad mouse adalah perangkat penunjuk yang digunakan pada laptop atau komputer portabel. Touchpad ini berfungsi seperti mouse sehingga memudahkan pengguna dalam menggunakan program dan aplikasi.

3. Scanner

Scanner adalah perangkat yang digunakan untuk membuat salinan digital dari dokumen, foto atau gambar. Scanner ini bekerja dengan men-scan atau memindai dokumen dan mengubahnya menjadi format digital.

4. Mouse

gambar mouse

Mouse adalah alat penunjuk yang digunakan untuk menggerakkan kursor di layar komputer. Mouse terdiri dari tombol kiri dan kanan serta scroll untuk mengakses menu dan menggerakkan halaman.

5. Webcam

Webcam adalah perangkat input yang digunakan untuk merekam video dan audio secara langsung. Webcam digunakan untuk melakukan panggilan video dan konferensi online.

6. Joystick
Joystick adalah perangkat input yang digunakan dalam permainan video untuk menggerakkan karakter dan objek di layar. Joystick juga digunakan pada simulator dan aplikasi lainnya yang memerlukan kontrol yang lebih akurat.

7. Mikrofon
Mikrofon adalah perangkat yang digunakan untuk merekam suara dalam bentuk sinyal listrik. Mikrofon ini digunakan pada komputer atau laptop seperti melakukan panggilan video dan merekam suara.

8.Stylus atau pen digitizer

gambar stylus

Stylus adalah perangkat input yang mirip seperti alat tulis, digunakan untuk memberikan input pada layar sentuh atau tablet. Stylus ini memudahkan pengguna dalam mengetik atau membuat sketsa di perangkat yang memiliki layar sentuh.

Untuk penjelasan lebih lengkapnya bisa klik link artikel dibawah ini๐Ÿ‘‡๐Ÿ˜‰

https://amp.kompas.com/tekno/read/2023/09/02/12330067/macam-macam-perangkat-input-komputer-dan-fungsinya-yang-perlu-diketahui

Dan.. untuk kalian yang malas membaca artikel diatas, opsi lainnya adalah klik link youtube dibawah ini untuk watching yaa๐Ÿ‘‡๐Ÿ˜ 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Manajemen Sistem Informasi

Alat output Komputer