Manajemen Sistem Informasi

     Manajemen sistem informasi adalah proses merancang, mengembangkan, menerapkan dan mengelola sistem informasi dalam suatu organisasi untuk memastikan pengambilan keputusan yang efektif dan efisien serta mendukung aktivitas bisnis secara keseluruhan.

Berikut Macam-macam Manajemen sistem informasi:

1. Manajemen data: Merupakan proses pengumpulan, pengelolaan, dan pemeliharaan data organisasi. 2. Manajemen data master: Ini adalah proses menyimpan dan mengelola semua data dalam suatu organisasi. 4. Manajemen elemen jaringan: Merupakan proses pengelolaan jaringan dan perangkat keras dalam suatu organisasi. 5. Manajemen Keamanan Informasi: Merupakan proses penggelolaan keamanan informasi dengan menerapkan teknologi.

Mengutip Ikewidiawaty (2012) dalam laman blognya menjelaskan bahwa Pengembangan sistem informasi manajemen oleh pengguna akhir (sering disebut pula dengan End User Computing ) adalah bentuk pengembangan sistem yang dilakukan oleh orang– orang yang tidak sepenuhnya ahli (spesialisasi ) tentang informasi. Pada protyping, pengembangan informasi sistem sangat bergantung pada perangkat (software) pendukung aktivitas pembuat sistem. Software–software tersebut menggunakan bahasa–bahasa komputer yang lebih interaktif, bahasa grafis, peralatan komputer mikro sehingga mudah mengakses data, membuat laporan dan mengembangkan sistem informasi secara menyeluruh tanpa bantuan analisis sistem informasi atau pemrogram. Pengguna akhir (pengguna akhir) dalam situasi tertentu mengandalkan ahli sistem informasi atau pemrogram. Namun yang menjadi tugas pokoknya adalh menjalankan aktivitas serta mengembangkan sistem yang telah dilakukan sebelumnya oleh departemen sistem informasi.
 End User Computing seperti ini umumnya melibatkan pembuatan sistem yang didesentralisasi. Desetralisasi seperti ini dilengkapi dengan memecah bagian sistem informasi organisasi pusat menjadi bagian–bagian kecil, kemudian menugaskan ke masing–masing unit bisnis, sehingga setiap bagian mempunyai departemen sistem informasi mini.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Alat Input Komputer

Alat output Komputer